Tips Penting Dalam Menjaga Kesehatan Anak

bagaimana cara menjaga kesehatan pada anak kita yang benar
bagaimana cara menjaga kesehatan pada anak kita yang benar

Selain melengkapi kebutuhan asupan gizi dan makanan pada anak, tugas orang tua yang paling penting dalam mendidik anak adalah menjaga dan memperhatikan kesehatan anak usia dini. Tubuh anak menjadi sasaran paling mudah oleh bakteri dan virus penyebab penyakit, hal itu karena secara keseluruhan sistem kekebalan tubuh anak masih belum sempurna sehingga tidak mampu memproteksi gangguan virus penyebab penyakit seperti yang saya bahas pada bulu mata bayi lentik. Selain itu mengajarkan anak untuk hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu pendukung agar anak terhindar dari berbagai masalah kesehatan, mulai dari membiasakan anak mencuci tangan sebelum makan serta mengajarkan anak agar menghindari benda atau tempat-tempat kotor yang menjadi sarang kuman dan bakteri.

Sekalipun anak melakukan semua yang ada ajarkan, namun tetap saja peran orang tua dalam mengatahui info kesehatan anak masih belum cukup. Untuk tetap melindungi anak dari berbagai ancaman penyakit orang tua juga harus ikut serta menjaga kebersihan, memberikan makanan sehat serta selalu mengawasi anak agar terhindar dari hal-hal yang berpotensi membuat anak sakit. Dengan melakukan cara yang tepat untuk mengetahui tips menjaga kesehatan anak, meskipun tubuh anak masih memiliki sistem imun yang lemah, namun upaya tersebut dapat membantu meningkatkan kekuatan fisik serta kekebalan tubuh anak dari gangguan penyakit.

Selain pendidikan dan asupan gizi, masalah kesehatan anak juga menjadi hal yang sangat penting dilakukan oleh para orang tua. Karena dengan menjaga kesehatannya, anak tak hanya akan terhindar dari penyakit, namun proses tumbuh kembangnya akan semakin optimal seiring bertambahnya usia. Anda tahu bahwa anak-anak terutama balita adalah masa-masa emas mereka, dimana pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak ditentukan pada saat usia tersebut, sehingga peran orang tua akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak di masa mendatang. Nah, bagi anda yang merasa kurang mengetahui untuk menjaga kesehatan anak, berikut beberapa caranya.

  1. Berikan Asupan Makanan Bergizi

pentingnya kesehatan anak untuk dijaga
pentingnya kesehatan anak untuk dijaga

Di dalam makanan yang sehat dan bergizi tentu terdapat beragam vitamin dan nutrisi yang dapat melengkapi kebutuhan anak setiap harinya, sehingga tubuh anak yang memiliki gizi normal agan membuat sistem kekebalan tubuhnya semakin meningkat dan terhindar dari ancaman penyakit. Selain itu, sebaiknya ingatkan anak untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan tidak sehat seperti jajan di luar rumah atau makanan siap saji yang minim gizi dan vitamin sehat d dalamnya. Dan ajarkan juga pada anak untuk selalu menjaga kebersihan makanan untuk anak yang akan ia konsumsi, baik dengan menganjurkannya mencuci tangan atau dengan memilih jenis makanan yang banyak vitamin dan sehat.

  1. Hindari Makanan Mengandung Gula Tinggi

menjaga kadar gula pada anak untuk kesehatan
menjaga kadar gula pada anak untuk kesehatan

Anda bisa memberikan makanan yang memang minim kandungan gula di dalamnya, selain itu kebiasaan anak yang sangat menyukai makanan mengandung gula seperti kue, permen, cokelat dan lain sebagainya juga sebaiknya perlu anda perhatikan. Pasalnya membiarkan anak mengonsumsi makanan-makanan manis yang tinggi gula akan merusak kesehatan tubuh anak. Tubuh anak menjadi mudah mengalami obesitas, serta kekurangan gizi lain yang dibutuhkan tubuhnya. Selain itu makanan-makanan yang manis juga tidak baik untuk kesehatan giginya, sehingga anak yang kerap mengonsumsi makanan manis cenderung berisiko mengalami sakit gigi dan gangguan kesehatan lainnya. Anda bisa mengganti kebiasaan mengonsumsi makanan manis tersebut degan memberikannya buah, atau makanan yang tidak banyak mengandung gula di dalamnya.

  1. Imunisasi Tepat Waktu

imunisasi untuk kesehatan tubuh
imunisasi untuk kesehatan tubuh

Pada saat anak sudah memasuki usia 1 bulan, maka kewajiban orang tua adalah dengan memberikan imunisasi rutin kepada anak. Pihak kesehatan sudah menentukan bahwa terdapat dua jenis imunisasi yang harus dilakukan pada anak, yakni imunisasi wajib dan imunisasi tambahan. Jadi sebaiknya lengkapi semua kebutuhan imunisasi pada anak baik yang wajib ataupun yang tambahan. Imunisasi itu sendiri bertujuan agar andak terhindar dari gangguan penyakit seperti polio, influenza, hepatitis, campak dan lain sebagainya. Dan pastikan melakukan imunisasi pada anak sesuai jadwal yang telah ditentukan.

  1. Tidur yang Teratur

atur pola tidur untuk kesehatan anak
atur pola tidur untuk kesehatan anak

Selain kebutuhan nutrisi dan makanan kaya gizi, anak juga membutuhkan jumlah istirahat atau tidur yang harus dipenuhi setiap hari. Secara umum anak pada usia 1-3 tahun membutuhkan waktu tidur selama 12 hingga 14 jam dan waktu tidur tersebut akan semakin berkurang seiring menambahnya usia anak. Dan tugas orang tua harus mengajarkan kepada anak agar tidur secara teratur dengan jadwal yang ditentukan, dengan demikian makan kebutuhan tidur anak akan tetap terpenuhi sehingga proses tumbuh kembang dan kesehatan anak akan terjaga optimal.

Selain empat hal di atas, anda juga sebaiknya mengajarkan anak untuk selalu mencuci tangan baik setelah bermain ataupun ketika ingin mengonsumsi makanan. Selain itu ajarkan juga kepada anak untuk selalu aktif bermain agar tubuhnya tetap sehat, karena bermain pada anak akan menjadi ganti dari olahraga yang dibutuhkan tubuh. Dengan melengkapi beberapa tips dan cara di atas kepada anak, maka bisa dipastikan anak anda akan tetap sehat dan tidak mudah sakit. Itulah tips yang bagus untuk menjaga keluarga tetap lebih baik kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *