Tips Mengatasi Anak yang Suka Menggigit Kuku

anak mengigit kuku
anak suka menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh anak-anak balita atau bayi, meskipun tidak semua anak mengalami hal ini, namun kebiasaan buruk ini jika terus dibiarkan akan terus terbawa hingga ia dewasa. Kebiasaan menggigit kuku tentu bukan sebuah kebiasaan yang baik, pasalnya selain karena kebersihan, menggigit kuku yang dilakukan oleh anak-anak dapat mengakibatkan adanya perubahan psikologis pada anak.

anak mengigit kuku
anak suka menggigit kuku

Selain itu akibat faktor penasaran, serta terbiasa juga menjadi penyebabnya. Selain kebiasaan menggigit kuku kebiasaan-kebiasaan lain yang juga sering dilakukan anak seperti kebiasaan menghisap jempol, menggigit rambut, menggertakkan gigi dan lain sebagainya tentu kebiasaan tersebut dapat merusak kesehatan anak.

Pada saat orang tua mendapati anak menggigit kuku, maka sebaiknya segera beri isyarat kepada anak untuk tidak melakukan hal itu. Karena dikhawatirkan kebiasaan yang awalnya hanya rasa penasaran si anak menjadi sebuah kebiasaan yang dapat mengganggu aktivitas anak.

Orang tua biasanya akan langsung menepis tangan anak ketika melihat anak mulai menggigit kuku, bahkan memarahi si anak. Padahal sejatinya melarang anak melakukan hal-hal yang terbiasa mereka lakukan tak mempan jika hanya dengan cara kasar saja, intensitas kebiasaan menggigit kuku pada anak akan semakin meningkat jika anda melakukan pelarangan yang tidak tepat dan benar.

Karena walau bagaimanapun, kebiasaan anak menggigit kuku tentu akibat adanya suatu alasan yang dialami anak. Jadi dibutuhkan cara perlahan dan lembut agar anak mengerti tentang kebiasaan buruknya itu. Orang tua juga harus terus menaruh perhatian pada anak mengenai apa yang anak rasakan dan yang membuatnya tidak nyaman. Biasanya kondisi anak yang merasa tak nyaman akan berdampak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang buruk, salah satunya adalah menggigit kuku. Bagi ibu dan ayah yang mencoba memberikan pengertian dan larangan pada anak agar tidak melakukan kebiasaan tersebut, maka sebaiknya lakukan dengan cara yang benar, dan berikut cara mengatasi kebiasaan anak menggigit kuku.

Dengan Memberi Peringatan

memberi peringatan kepada anak agar tidak melakukan kebiasaan menggigit kuku sebaiknya dilakukan dengan lembut, apalagi jika anak melakukan kebiasaan tersebut di dapan umum. orang tua sebaiknya memberikan isyarat yang tidak akan membuat anak merasa dipermalukan, bisa berupa isyarat dengan menggelengkan kepala dan lain sebagainya. karena melarang dengan menghardik anak secara kasar di depan umum dapat membuat anak merasa dipermalukan dan akan berdapat pada mental dan gangguan psikologis i anak.

Berikan Anak Pengalihan

Jika kebiasaan anak menggigit kuku akibat rasa bosan dan jenuh maka anda bisa memberikan pengalihan pada anak berupa mainan. Dengan memberikan mainan seperti bola kecil, gelang dan lainnya dapat memicu mengurangi anak untuk melakukan kebiasaan menggigit kuku. Dan sebaiknya berikan pengalihan tersebut setiap kali anak sedang melakukan kebiasaan buruknya menggigit kuku. Dengan demikian, secara spontan anak akan semakin lupa dan meninggalkan kebiasaan buruk tersebut secara perlahan.

Potong Kuku Anak

Kuku anak yang terbiasa digigit akan terkesan tidak rapi dan jelas, hal itu karena gigitan pada kuku akan membuat permukaan kuku menjadi tidak rata. Dan biasanya anak akan mencoba menggigit kukunya ketika kuku mereka dalam kondisi panjang. Jadi sebaiknya untuk menghindari anak terus melakukan kebiasaan buruk ini rutin lah memotong kuku anak menjadi pendek dan merapikannya, dengan demikian anak tidak akan lagi mau menggigit kuku mereka ketika melihat kuku mereka sudah rapi dan bersih.

Kenakan Sarung Tangan pada Anak

Selain tiga cara di atas, anda juga bisa memberikan sarung tangan yang bersih pada anak, pasalnya dengan kondisi jari terbungkus sarung tangan akan membuat anak memilih untuk tidak menggigit kukunya, dan ketika hal itu berlangsung lama maka bisa dipastikan anak akan lupa dengan kegiatan buruk menggigit kuku yang kerap dilakukannya.

Dan ketika kondisi kebiasaan menggigit kuku pada anak sudah tak bisa lagi dilarang dan bahkan semakin menambah frekuensi kegiatan buruk tersebut, maka sebaiknya bawa dan periksaan anak anda ke dokter psikolog untuk dapat dilakukan penanganan dan penyembuhan kebiasaan buruk tersebut. Karena pada dasarnya seperti yang kami jelaskan di atas, bahwa kebiasaan anak menggigit kuku yang terus dibiarkan akan terus terjadi menjadi kebiasaan buruk hingga anak menginjak usia dewasa sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *