Tips Membuat Tidur Bayi lebih Berkualitas

menjaga tidur bayi
tips menjaga tidur bayi

Merawat dan menjaga anak bayi agar tumbuh kembangnya tetap optimal sepertinya tak hanya cukup melengkapi semua asupan makanan yang kaya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan bayi, karena pada dasarnya bayi membutuhkan perawatan dan kebutuhan untuk proses tumbuh kembangnya yang terbilang sangat kompleks, mulai dari ASI, asupan nutrisi hingga kebutuhan tidur yang cukup.

menjaga tidur bayi
tips menjaga tidur bayi

Pada saat bayi anda masih berumur dibawah 3 bulan, anda tidak akan merasa khawatir mengenai kebutuhan tidurnya, pasalnya pada usia ini bayi lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Namun ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan ke atas, bayi cenderung lebih banyak beraktivitas dan tingkat keaktifannya menjadi semakin tinggi sehingga membuat bayi susah tidur.

Pada usia ini bayi akan banyak bermain dan bergerak kesana kemari dan tak kenal lelah, dan akibatnya kebutuhan tidur bayi yang sejatinya perlu dipenuhi menjadi korban akibat masa pertumbuhan bayi yang memasuki masa perkembangan. Karena pada dasarnya bayi berusia 1 sampai 18 bulan sangat membutuhkan tidur selama kurang lebih 15 jam, hal itu karena pada masa dan usia ini tidur menjadi salah satu proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. Dan pada saat bayi anda sudah memasuki usia di atas 18 bilan maka kebutuhan tidurnya hanya selama 8 hingga 9 jam saja dalam sehari. Sehingga seiring bertambahnya usia, bayi akan membutuhkan waktu tidur yang semakin singkat oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan anak tersebut.

Kekurangan tidur pada bayi tentu akan berdampak pada tumbuh kembang bayi. Begitu juga sebaliknya, ketika kebutuhan tidur bayi terpenuhi maka hal itu akan dapat memicu pesatnya pertumbuhan otak dan fisik bayi.

Bagi ibu tentu terkadang merasa khawatir ketika melihat bayinya sudah mulai susah diajak tidur dan lebih memilih terus bermain dan aktif bergerak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan para orang tuan untuk tetap bisa melengkapi kebutuhan tidur bayinya menjadi lebih berkualitas. Dan berikut tips menidurkan bayi agar berkualitas:

Ibu Harus Tetap Dalam Kondisi Rileks

Selain bayi yang harus tetap dalam kondisi rileks dan nyaman, ibu yang akan menidurkan bayinya juga sebaiknya harus dalam kondisi serupa. Pasalnya dengan kondisi ini proses menidurkan bayi pun akan berjalan lancar dan membuat bayi tidur nyenyak. Pada saat akan menidurkan bayi, sebaiknya ibu membuat suasana hati menjadi sangat rileks dan santai, ibu bisa dengan mandi terlebih dahulu agar tubuh terasa segar, lalu kemudian kenakan pakaian bersih yang nyaman, sehingga pada saat bayi berada di samping anda maka rasa nyaman dan tenang akan ia rasakan dan membuatnya semakin mudah tidur.

Atur jadwal Tidur Bayi

Agar kebutuhan tidur bayi tetap terpenuhi, sebagai orang tua anda sebaiknya menentukan atau mengatur jadwal kapan bayi anda harus tidur, pasalnya dengan menentukan waktu tersebut membuat kebutuhan tidur bayi akan tetap terpenuhi. Misalnya ketika waktu sudah menunjukkan jam 1 siang atau ketika jam 7 malam bayi anda harus tidur. Dan pada saat jam tersebut sebaiknya segera tidurkan bayi anda, agar kebutuhan tidurnya terpenuhi degan sempurna dan membuat tumbuh kembang bayi berjalan normal. Mengatur jam tidur bayi sangat penting untuk tubuh dan kesehatannya. Jadi, sebagai orang tua yang cerdas, anda harus pandai mengatur jadwal tidur bayi.

Ubah Suasa Kamar

Ketika malam hari mungkin anda tidak akan begitu kesulitan menidurkan bayi, namun pada saat siang hari biasanya bayi akan rewel dan memilih bermain dari pada harus tidur. Cara untuk membiasakannya ada dengan memberikan suasa dan kondisi kamar yang nyaman untuk bayi, ketika kondisi cuaca sangat panas dan terang anda bisa menutup gorden kamar, dan membiarkan kipas angin atau AC menyala agar suhu ruang menjadi sejuk dan membuat bayi nyaman. Suasa yang redup akan memudahkan bayi untuk tidur, pasalnya mata bayi akan terangsang cahaya dan susah tidur pada saat suasa kamar sangat terang.

Baca: nama bayi perempuan

Berikan Benda Untuk Dipeluk Bayi

Agar semakin mempercepat dan membuat bayi lebih mudah tidur adalah dengan memberikan sesuatu yang bisa ia peluk, seperti bantal guling, selimut atau boneka. Biasanya bayi akan mencoba memegang sesuatu ketika ia akan tidur. Jadi sediakan sesuatu yang bisa ia pegang dan peluk agar bayi nyaman dan kondisi tidur bayi menjadi nyenyak.

Penting sekali mengetahui cara terbaik melengkapi kebutuhan tidur bayi setiap hari, pasalnya selain nutrisi dan vitamin, tidur menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan bayi untuk proses tumbuh kembang baik fisik maupun otaknya. Jadi sebagai orang tua, meskipun bayi anda dalam usia yang sedang sangat aktif dan sulit sekali diajak tidur, namun anda harus tetap mengajak bayi anda tidur agar kebutuhan tidurnya tetap terpenuhi dan terhindar dari masalah-masalah kesehatan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *