Tips dan Cara Agar Anak Cepat Berjalan

anak bayi belajar jalan
anak bayi belajar jalan

Anak adalah sebuah anugerah terindah yang Tuhan berikan kepada sepasang keluarga, lengkap rasanya jika sebuah keluarga telah diberikan seorang bayi, segala aktivitas yang memakan energi yang dilakukan orang tua akan segera sirna ketika melihat senyum bayi yang dimilikinya. Apalagi kita bisa menyaksikan cara anak belajar jalan setiap hari, wah pasti mengharukan ya.

anak bayi belajar jalan
anak bayi belajar berjalan

Proses perkembangan bayi memang sangat besar dipengaruhi oleh cara orang tua mendidik dan merawatnya, perawatan dan pola pengasuhan yang tepat akan membuat tumbuh kembang bayi berjalan dengan normal dan sehat. Cara mengajari bayi jalan itu sebenarnya susah-susah gampang loh, tapi yang perlu diperhatikan adalah ketika bayi sudah mulai belajar mengangkat kepala, duduk, berdiri hingga berjalan semua dilakukan bayi dengan proses yang cukup panjang, peran orang tua lah yang akan mempercepat proses perkembangannya tersebut.

Secara normal bayi mulai bisa berjalan ketika berusia 9 hingga 12 bulan, dimana otot dan tulang kaki mereka sudah mulai kuat dan bisa menopang seluruh berat badannya, sehingga dengan kedua kakinya anak bayi mulai bisa menjaga keseimbangan untuk belajar berjalan. Dan dari situ kita melihat perkembangan anak cepat jalan atau tidaknya.

Namun tidak semua bayi memiliki proses tumbuh kembang yang serupa, setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda tergantung dari banyak faktor, mulai dari cara orang tua mendidiknya hingga faktor asupan nutrisi yang dikonsumsinya. Untuk dapat melatih anak bayi belajar jalan, orang tua juga perlu melakukan rutinitas yang baik dirumah agar anak selalu penasaran dan mencoba berdiri.

Sebagai orang tua tentu anda pasti menginginkan bayi tumbuh secara normal agar bisa cepat jalan seiring bertambah usianya, namun bagi anda yang memiliki bayi sudah berusia 12 bulan lebih dan masih belum bisa berjalan, anda tak perlu bersedih, semua proses tumbuh kembang bayi serta kesehatan anak membutuhkan waktu serta kekuatan fisiknya. Jadi tetaplah didik dan latih anak anda untuk mengajarkannya berjalan serta tetap lengkapi kebutuhan nutrisinya.

Setiap proses tumbuh kembang bayi membuat orang tua merasa bangga dan senang, melihat bayi anda bisa duduk, berdiri dan berjala adalah sebuah keindahan dan kebanggaan sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan, kesalahan serta kurangnya pengetahuan orang tua dalam mendidik bayinya menjadi hal yang memperlambat proses tumbuh kembang bayinya, seperti misalnya keterlambatan berjalan. Bayi bisa berjalan membutuhkan banyak hal. Selain karena faktor genetik, kekuatan fisik dan otot kaki serta kesiapannya berjalan pun menjadi penentu utamanya. Dan berikut beberapa tips dan cara agar bayi cepat berjalan:

  1. Tetap lengkapi Kebutuhan Nutrisinya

Agar bayi anda cepat bisa berjalan tentu hal utama yang harus anda lakukan adalah degan melengkapi semua kebutuhan nutrisi bayi, pasalnya kebutuhan nutrisi bayi terus mengalami peningkatan seiring bertambahnya usia. Anak berjalan sesuai dengan umur dan kedisipilinan orang tuanya selain itu Gizi dan nutrisi akan membuat fisik dan kaki bayi menjadi kuat dan mampu menopang tubuhnya sehingga bisa cepat berjalan. Selain itu, kelengkapan gizi dan nutrisi bayi juga akan menambah kecerdasan bayi anda. Jadi sebaiknya berikan bayi anda makanan yang kaya nutrisi serta banyak mengandung vitamin pendukung agar bayi bisa cepat berjalan.

  1. Lengkapi Kebutuhan Kalsium dan Zat Besi

Sejatinya yang membuat bayi anda cepat jalan adalah ketika tulang kaki dan otot bayi sudah kuat dan sanggup menyeimbangkan berat tubuhnya, untuk memiliki hal itu tentu asupan kalsium dan zat besi adalah asupan yang harus dipenuhi, karena zat dan vitamin tersebut akan menambah kekuatan tulang serta otot kaki bayi. Anda bisa mendapatkan kedua vitamin tersebut melalui susu formula serta beberapa makanan khusus yang kaya kandungan tersebut. Sehingga kelengkapan vitamin tersebut pada tubuh bayi membuat kaki bayi kuat serta dapat berdiri lalu kemudian berjalan.

  1. Berikan Pijatan Pada kaki Bayi

Orang tua bisa membantu agar bayi cepat berjalan dengan cara melakukan pijatan kecil pada bagian kaki bayi, anda bisa memijat kaki bayi di saat malam ketika bayi hendak tidur. Berikan pijatan pada bagian kaki bayi hingga ke bagian telapak kakinya, hal itu bertujuan agar kaki bayi tidak kaku serta memperlancar sirkulasi dan aliran darah ke bagian tersebut. Anak belajar jalan apabila kakinya sudah mulai kuat untuk menopang tubuhnya sendiri.

  1. Kurangi Kebiasaan Menggendong Bayi

Pada saat bayi anda sudah memasuki usia 8 bulan, sebaiknya kurangi durasi menggendongnya, hal itu karena agar bayi dapat berlatih sendiri bagai anda untuk berpindah tempat serta mencoba berdiri dari satu tempat ke tempat lainnya. Membiasakan menggendong bayi hanya akan membuat bayi merasa manja dan malas untuk berjalan, hal itu tentu akan berpengaruh terhadap proses tumbuh kembangnya. Jadi ajarkan bayi anda untuk bergerak sendiri, mulai dari merangkak, berdiri hingga mulai pandai melangkahkan kakinya sendiri. Dan pastikan ketika proses tersebut anda harus tetap berada di sampingnya agar menghindari bayi anda terjatuh.

  1. Ajarkan Bayi Berjalan

Ketika bayi anda sudah mulai bisa berdiri meskipun dengan bantuan berpegangan dengan benda di sekitar, maka sebaiknya sesekali ajarkan bayi untuk berjalan dengan cara memegang kedua tangannya dan ajak ia berjalan secara perlahan. Hal itu dilakukan untuk melatih kaki bayi melangkah serta agar bayi memiliki keseimbangan saat menopang tubuhnya.

baca juga: anak suka gigit kuku

  1. Ajak Bayi Main Keluar Rumah

Sebaiknya luangkan waktu anda untuk mengajak bayi anda keluar rumah setiap harinya terutama di pagi hari. Hal itu bertujuan agar tubuh bayi dapat terkena sinar matahari dan membuatnya lebih sehat dan bertenaga. Sehingga tubuh bayi yang kuat juga akan memiliki kaki yang kuat untuk berjalan nantinya. Di sebagian daerah ada yang mempercayai bahwa menyentuhkan kaki bayi dengan rumput akan mempercepat bayi bisa berjalan, meskipun masih belum ada penelitian tentang hal itu namun tidak ada salahnya anda mengajarkan bayi agar kakinya mulai menyentuh rumput terutama di pagi hari.

Bahagia sekali rasanya ketika melihat semua proses pertumbuhan bayi hingga ia bisa berjalan, semua kerja keras orang tua saat mendidik dan mengajarkannya seakan terbayar tuntas. Kebahagiaan tersebut seperti ketika kita memberi nama bayi perempuan pertama yang kita miliki loh. Eh iya, ketika bayi anda sudah bisa berjalan, ada banyak hal lagi yang menjadi tugas anda, bayi akan semakin aktif berjalan ke semua tempat, sehingga perhatian dan pengawasan harus lebih intens agar menghindari bayi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga artikel tentang cara anak berjalan ini dapat membantu kamu menemukan solusi mudah untuk perkembangan bayi ya. Semoga bermanfaat deh pokoknya tentang bayi belajar jalan ini.

Recent search terms:

  • balita perempuan belajar berjalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *