Cara Mengatasi Anak Balita yang Susah Makan

anak susah makan
anak bayi susah makan

Anak susah makan – Siring bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi pada bayi semakin banyak dan kompleks, maka demi keberhasilan proses tumbuh kembangnya bayi sangat membutuhkan banyak nutrisi untuk melengkapi kebutuhan fisik dan juga kecerdasan. Sehingga ketika bayi anda sudah memasuki usia 6 bulan maka dianjurkan memberikan dan memperkenalkan makanan padat pendamping ASI kepada bayi, hal itu bertujuan agar nutrisi yang tidak ada pada ASI bisa didapatkan bayi melalui asupan makanan padat yang ia konsumsi. Awal-awal bayi mengenal makanan padat biasanya terlihat ketika ia sangat lahap dan rakus memakannya. Sebenarnya anak malas makan ini sama seperti ketika mengajari anak cepat jalan yang sudah saya bahas disini anak belajar jalan.

Namun mendekati usia 1 tahun keinginan untuk makanan seperti mulai memudar oleh karena itu banyak anak 1 tahun susah makan, hal itu disebabkan karena bayi mulai banyak melakukan aktivitas dan banyak bergerak. Selain itu faktor kebosanan juga mulai bayi rasakan ketika ia kerap susah diberi makan. Bagi ibu mendapati hal itu tentu menjadi bingung dan khawatir tentang asupan nutrisi yang dibutuhkan buah hatinya tidak terpenuhi, sehingga terkadang ibu yang mulai kesal kerap memaksa bayinya untuk menghabiskan makanannya. Hal itu memang tidak dianjurkan, memaksa bayi makan hanya akan membuatnya semakin sulit diajak makan dan terkadang bayi merasa bahwa waktu makan adalah waktu yang mereka takut dan menghindarinya. Untuk seluruh ibu di indonesia, sebaiknya jika anak sulit makan maka yang perlu dilakukan adalah mengikuti mood si kecil.

agar anak mau makan
agar anak mau makan

Dan ketika hal itu terjadi sudah bisa dipastikan kondisi tubuh bayi akan mengalami penurunan berat, selain itu kelengkapan gizi yang dibutuhkannya pun semakin berkurang. Wajar rasanya jika anak balita susah makan menjadi momok paling ditakutkan bagi para orang tua, pasalnya mereka kerap tidak tahu harus berbuat apa agar anaknya bisa makan dengan lahap layaknya pada awal-awal pengenalan makanan pendamping dulu.

baca dulu: rangkaian nama bayi untuk anak perempuan

Selain itu, kesalahan menghadapi masalah seperti ini juga kerap membuat orang tua bertindak kasar pada anak dan membuat anak mengalami gangguan dan trauma. Jadi sebaiknya tetap sabar dan ketahui cara terbaik mengatasi anak balita anda susah makan. Dan berikut tips dan cara mengatasi sulit makan pada anak:

Berikan Makanan Dengan Porsi kecil

porsi makan anak bayi
porsi makan anak bayi

Lambung bayi anda masih belum terlalu besar dan hanya sanggup menampung sedikit makanan saja, jadi sebaiknya ketika memberi anak makan berikan makanan dalam porsi yang sedikit namun sering. Sehingga anak terhindar dari rasa bosan dan dapat terus menghabiskan makanannya. Ini merupakan penyebab bayi malas makan karena sudah merasa kenyang.

Berikan Makanan yang Bervariasi

anak sulit makan
mengatasi anak sulit makan menggunakan variasi makanan

Salah satu penyebab anak bayi anda susah makan adalah akibat rasa bosan mereka dengan menu makanan yang itu-itu saja, untuk mengatasinya sebaiknya berikan variasi makanan berbeda pada anak agar kembali meningkatkan nafsu makannya. Anda bisa membuat beberapa makanan dan biarkan anak memilih mana makanan yang ia sukai, sehingga makanan yang disukainya sudah tentu akan mereka habiskan.

Sajian yang Menarik

Selain memberi variasi makanan yang berbeda, menyajikan dengan cara yang menarik juga dapat membuat anak menyukai makanan tersebut. Selain karena ketertarikan nya dengan bentuk makanan yang anda buat, bayi juga penasaran dengan rasa makanan tersebut sehingga akan memakannya sampai habis.

Jadikan Waktu Makan Anak yang Menyenangkan

jangan pernah sekali-kali anda mengancam, menghukum dan berlaku kasar ketika mendapati anak susah makan, pasalnya dengan melakukan itu membuat anak merasa bahwa waktu makan adalah waktu yang ia takuti dan merasa harus menghindarinya. Jadi sebaiknya berikan anak anda waktu makanan yang menyenangkan, bisa dengan mengajaknya sambil bermain, atau melakukan kegiatan yang ia sukai. Sehingga pada saat anda mengajak anak anda makanan maka ia akan merasa senang.

Beri Anak Makan Pada Waktu yang Teratur

Beri jadwal makanan yang teratur pada anak anda, dengan demikian anak akan mengetahui kapan ia harus makanan sehingga terbiasa dengan hal itu. Begitu juga dengan tidur , mandi dan juga bermain. Sebaiknya berikan mereka waktu yang teratur sehingga selain lebih membuat anak terbiasa, waktu tersebut juga akan mengajarkan anak untuk disiplin.

Ajak Anak Untuk Ikut Menyiapkan Makanan

ketika anda ingin menyediakan dan mengolah makanan untuk anak, sebaiknya ajak anak menyediakan dan mengikuti semua proses pengolahan makanan tersebut. Hal itu akan membuat rasa penasaran anak terhadap makanan yang baru saja ia siapkan dan ingin mengonsumsi nya. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi makanan sehat yang anda ajarkan pun akan menjadi contoh pola makanan anak di kemudian harinya.

Kurangi Memberikan Minuman Pada Balita Saat Makan

Sebaiknya jangan terlalu sering memberikan anak minum pada saat makanan, karena ketika anak terlalu banyak minum membuat anak merasa kenyang dan enggan untuk makanan. Hanya berikan minum di awal dan di akhir waktu makan anak atau ketika anak memang menginginkan minum di saat sedang makan.

Setiap cara yang harus anda lakukan untuk mengembalikan nafsu dan selera anak makan tentu berbeda-beda, yang perlu orang tua lakukan adalah memahami apa penyebab anak malas makan kemudian mencarikan solusinya. Mungkin 7 cara mengatasi anak susah makan tadi dapat membantu para orang tua dan Cara-cara di atas bisa anda terapkan kepada anak anda yang mengalami masalah susah makan, agar menghindari anak kekurangan nutrisi dan hal-hal yang berhubungan dengan menjaga kesehatan anak bayi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *