Serba Serbi Kucing dan Segala Macam Jenisnya

jenis kucing
kucing jenisnya itu sangat banyak, bahkan beberapa diantara kita bingung membedakan jenis kucing tersebut

Jenis kucing di dunia itu sangat banyak, bahkan saking banyaknya, kita susah membedakan kucing-kucing tersebut. Perbedaan itu mungkin bisa dilihat dari bulu, hidung, tinggi, mata dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk di indonesia, kucing dibagi menjadi beberapa jenis yaitu seperti kucing jawa, kucing macan, kucing hutan, kucing bakau, kucing merah, kucing emas dan kucing batu. Dari semua spesies yang ada di indonesia, kucing jawa atau liar yang paling banyak, sedangkan spesies kucing lainnya terdapat di berbagai daerah diseluruh pelosok indonesia.

Untuk kucing hias, biasanya yang paling digemari antara lain seperti Persia, Anggora, Himalaya, Russian Blue, Amerika Shorthair, Siamese, Mainecoon, Spinx, Scotish Fold dan masih banyak lagi macam-macam kucing peliharaan yang mungkin dapat dijadikan binatang kesayangan anda dirumah.

Dikesempatan kali ini, saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang keberagaman kucing karena mungkin akan menyita waktu. Untuk jenis kucing di indonesia, mungkin yang paling digemari adalah Kucing kampung, persia dan Anggora..

..Sedangkan untuk jenis-jenis kucing lucu lainnya mungkin hanya segelintir orang yang dapat memeliharannya. Mengapa? ..itu semua dikarenakan biaya dan sangat jarang dijual seperti spinx, mainecoon dan scotish folds.

Oke deh, saya akan coba bahas sebagian kecil saja dari jenis yang saya sebutkan diatas, tidak semua akan saya berikan detailnya. Berikut ini mungkin yang bisa menjadi rekomendasi kamu untuk mengetahui jenis kucing yang bagus untuk dipelihara:

1. Persia

Kucing jenis persia ini diakui memang salah satu yang paling populer. Bahkan di indonesia, kucing ini menjamur dimana-mana.. Untuk mencari kucing asli dari tanah persia di indonesia, tidak lah terlalu sulit. Kamu cukup mendatangi petshop, maka akan menjumpai berbagai macam jenis persia…

…Bahkan persia juga digolongkan dalam beberapa kriteria lagi loh, misalnya seperti;

– Persia Campuran Himalaya

kucing persia himalaya
Ilustrasi gambar kucing persia ini merupakan yang terbaik di kelasnya dengan bulu tebal dan badan besar

Kucing persia yang dikawin silangkan dengan jenis himalaya dan hasilnya pun sangat menggoda mata untuk dipelihara, selain tingkah yang lucu.. kucing himalaya persia juga memiliki wajah yang imut dan gemesin.

– Persia Hidung Pesek atau Flatnose

kucing persia flatnose
jenis persia flatnose merupakan kucing yang banyak dipelihara di indonesia

Biasanya kucing yang begini nih juga banyak yang mencarinya, semakin pesek hidung persia, maka semakin mahal harganya. Jadi gak heran kalau di indonesia juga banyak pecinta kucing persia flatnose.

– Kucing Persia Hidung Sedang atau Medium

persia medium
kucing jawa yang disilang dengan persia, hasilnya lumayan bagus dan bulunya juga tebal

Hidung kucing jenis ini tidak terlalu pesek, oleh sebab itu banyak yang menyebutnya medium. Kebanyakan jenis ini merupakan silangan dari kucing kampung dengan kucing persia dan hasilnya adalah persia medium.

2. Anggora

Selanjutnya adalah jenis kucing anggora, pada jenis ini juga banyak diperlihara oleh catlovers di indonesia. Perbedaan kucing persia dan anggora bisa terlihat dari bentuk tubuh, muka dan bulunya. Jika persia identik dengan muka yang condong kedalam, maka anggora kebalikannya. Muka kucing anggora cenderung lebih memanjang kedepan seperti singa. Bisa keles dibilang singa kecil.. kwkwkw..

Persia terlihat memiliki bulu yang tebal namun badannya kurus, kalau kucing anggora memiliki bulu yang agak sedikit namun memiliki badan yang berisi.. disitulah perbedaannya.

3. Himalaya

Bisa dibilang kucing himalaya ini merupakan tiruan dari rubah, kucing ini memiliki ciri identik seperti bagian muka yang hitam dan bulu yang sangat tebal serta badan yang besar. Ukuran jenis kucing himalaya berbeda dengan persia dan anggora loh, badan himalayan terlihat lebih bongsor dibandingkan kedua saudaranya tersebut.

Untuk harga kucing himalaya juga terbilang lebih mahal dibandingkan persia dan anggora. Oleh karena itu, kucing jenis himalaya ini juga paling digemari di indonesia. Harganya sekitar 2 sampai 5 jutaan.

4. Sphinx

Tau Radit kan? iya, Raditya Dika yang dulunya penulis sekarang menjadi pemain film & Komika itu. Nah, Radit merupakan salah satu artis pecinta kucing. Dirumahnya dulu ada kucing jenis sphinx. Jenis kucing ini identik dengan polos? Mengapa polos? karena spinx tidak memiliki bulu..

..Alasan sphinx tidak memiliki bulu karena faktor genetik yang terjadi di alamnya sana. Kucing yang diciptakan khusus didaerah panas dan gersang yaitu padang pasir. Oleh karena itu, kucing ini tidak memiliki bulu, bulunya mungkin rontok karena kepanasan kali ya.

Oh ya jenis kucing tanpa bulu juga banyak macamnya, diantaranya adalah seperti berikut ini:

– Kucing Bambino

Kucing ini hadir karena persilangan antara sphinx dan muchkin. Perbedaan identik dengan sphinx terletak pada kaki. Bambino memiliki kaki lebih pendek dibandingkan sphinx.

– Dwelf

Persilangan antara muchkin, sphinx dan American curl sehingga kucing ini memiliki bentuk tubuh yang unik dan sangat kecil. Sekedar informasi, kucing dwelf merupakan kucing langka yang memiliki harga selangit.

– Peterbalt

Sebenarnya ada sih bulunya dikit-dikit, tapi karena identi tanpa bulu maka kucing ini terlihat arogan dan sombong. Jadi tak heran kucing ini juga menjadi primadona catlovers.

– Ukraina Levkoy

Atau bisa juga disebut dengan kucing Ukrainian Levkoy ini merupakan hasil silang dari kucing scotish fold dengan spinx. hmm.. Hasilnya lucu dan unik juga ya ternyata..

Nah, sementara itu dulu deh.. nanti disambung lagi ya.

Recent search terms:

  • serba serbi kucing anggora
  • serba serbi kucing peliharaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *