Jenis Ular Berbisa Mematikan Dari Seluruh Dunia

king brown snake, ular paling berbisa mematikan
king brown snake, ular paling berbisa mematikan

Jenis Ular Paling Paling Berbisa di Dunia – Saat anda membicarakan tentang bagaimana kebesaran Tuhan, mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Salah satunya terbukti dengan keberagaman satwa yang hidup di seluruh penjuru bumi ini.

Bahkan dalam satu satwa, seperti ular pun terdapat ribuan jenis yang masing-masing memiliki ciri serta keunikannya tersendiri. Sebagai gambaran umum, ular terdiri dari dua jenis yaitu jenis ular berbisa dan tidak berbisa.

Ciri-ciri ular berbisa yang mematikan antara lain seperti memiliki kepala lonjong, warna yang pekat, gigi yang tajam, lincah, hidup di hutan dalam.

Nah dalam satu jenis ini pun nantinya akan terbagi menjadi ratusan bahkan ribuan jenis lagi. Misalnya ular dengan bisa mematikan maupun ular dengan bisa tak mematikan. Dan dari masing-masing jenis tersebut, tentu memiliki kelebihan yang menjadi pertahanan hidupnya.

Layaknya jenis ular mematikan yang hanya akan mengandalkan bisanya untuk pertahanan hidup. Sedangkan untuk ular paling berbisa yang tak mematikan mungkin akan memiliki bentuk pertahanan hidup lain.

Berbeda lagi dengan jenis ular tak berbisa yang akan menjadikan lilitan sebagai bentuk pertahanan dirinya seketika ada musuh yang menyerang.

Melihat paparan di atas, tentu bukan hal aneh jika anda menjadi penasaran dan ingin tahu apa saja sih jenis ular berbisa mematikan yang ada di seluruh penjuru dunia. Penasaran? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Fierce Snake

ular mematikan dengan bisa yang tinggi - fierce snake
ular mematikan dengan bisa yang tinggi – fierce snake

Salah satu jenis ular berbisa yang dikenal dengan nama latin Oxyuranus microlepodotus ini merupakan ular yang berasa dari benua Austraia. Panjangnya sendiri dapat mencapai 1,8 hingga 2,5 meter.

Ular yang dinobatkan sebagai ular dengan bisa terganas di dunia ini memiliki kemampuan bisa yang sangat mematikan. Hanya dalam sekali gigitan ular ini mampu mengeluarkan racun sebanyak 44 – 110 mg yang akan mematikan 110 manusia dewasa atau 250.000 tikus.

Jumlah racun ini setara dengan 50 kali dosis dari ular kobra terbesar. Meskipun begitu, namun Firce Snake atau Inland Taipan ini merupakan jenis ular pemalu yang sangat menghindari bertemu dengan manusia ataupun hewan lainnya.

Australian Brown Snake

gambar ular mematikan di dunia brown snake
gambar ular mematikan di dunia brown snake

Masih dari negeri kanguru, jenis ular berbisa ini pun tidak memiliki ukuran yang begitu besar yaitu hanya mampu tumbuh dengan panjang 1,1 -2,1 meter saja. Meskipun begitu, untuk urusan racun Australian Brown Snake ini tak perlu diragukan.

Hanya dengan sekali gigitan, ular ini mampu mengeluarkan racun sekuar 2 – 10 mg yang mampu membunuh 100 – 200 manusia dewasa. Ya, ular yang beraktifitas pada siang hari ini mampu membunuh mangsanya hanya dalam hitungan jam bahkan menit.

Sedangkan untuk gejala yang ditimbulkan dari racun ular berbisa ini adalah diare, pusing, kelumpuhan bahkan kematian mendadak.

King Brown Snake

king brown snake, ular bisa mematikan
king brown snake, ular bisa mematikan

Habitat dari jenis ular berbisa yang memiliki nama latin Pseudechis Australis ini berada di sekitar benua Australia. Untuk panjangnya sendiri, King Brown Snake terbilang jauh lebih panjang dibanding jenis lainnya, yaitu mencapai 2,5 – 3 meter.

Nah salah satu bahaya paling mengerikan dari ular ini adalah jumlah racun yang dikeluarkannya hanya dalam sekali gigit mencapai 150 mg. Dengan dosis ini, King Brwon Snake mampu mematikan 100 orang. Ya, racun yang bersifat myotoxin, yaitu mampu melumpuhkan mangsa ini akan berdampak fatal apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Saw Scaled Viper

gambar ular berbisa saw scaled viper
gambar ular berbisa saw scaled viper

Beralih ke benua Afrika, disini anda akan menjumpai satu jenis ular berbisa yang dikenal dengan nama latin Echis carinatus yang memiliki umur berkisar 38 hingga 80 hari saja.

Meskipun begitu, namun suntikan racun yang diberikan Saw Scaled Viper ini sangat berbahaya. Dengan jumlah 12 – 18 mg setiap gigitannya, racun ini mampu mematikan mangsanya kurang dari 24 jam atau sekitar 12 – 24 jam.

Sayangnya, anti racun untuk ular jenis ini dikatakan begitu langka.

Many Banded Krait

ular hitam kuning banded krait bisa nya mematikan
ular hitam kuning banded krait bisa nya mematikan

Salah satu jenis ular berbisa yang dapat dengan mudahnya anda temui di Indonesia adalah Many Banded Kaith atau yang memiliki nama latin Bungarus multicinctus dan kalau dijawa disebut dengan ular weling. Dimana habitat dari ular ini antara lain di China, Taiwan, dan Asia Tenggara.

Panjang ular ini sendiri yaitu 1 – 1,8 meter dengan suntikan racun setiap gigitannya mencapai 4,6 – 194 mg. Dan pada 1-6 jam setelah gigitan, korban akan mengalami gejala seperti sesak nafas, yang sebelumnya telah ditandai dengan rasa gatal dan mati rasa pada area gigitan ular.

Untuk waktu kematian korban sendiri terlapor pada jam ke 29 dengan prosentase kematian 75 – 100%.

Tiger Snake

tiger snake ular berbahaya
tiger snake ular berbahaya

jenis ular yang memiliki nama atin Notechis scatatus ini merupakan ular berbisa yang habitatnya di barat Benua Australia. Dengan panjang 0,9 – 2,9 meter, ular ini mampu menyuntikkan bisa yang dapat mematikan korban dalam hitungan jam.

Untuk gejala yang muncul akibat bisa Tiger Snake sendiri antara lain adalah kesemutan, mati rasa, bahkan kelumpuhan. Sedangkan untuk prosentase kematian korban mencapai angka 40 -60%.

Selain ular-ular mematikan tersebut, anda juga bisa menjumpai jenis ular berbisa lain seperti king kobra, ular weling dan ular derik. Selain itu, banyak pula dijumpai ular dengan bisa tak mematikan, layaknya bisa ular laut.

Dan lagi, bukti kebesaran Tuhan yang tak luput dari rasa kagum manusia. Yaitu dengan banyaknya kejadian mistis seperti ular berkepala manusia di pati Jawa Tengah.

Sungguh ciptaan ini membuktikan bahwa kebesaran Tuhan tiada duanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *