4 Penjelasan Lengkap Ikan Mas Hias Untuk Dipelihara

Ikan mas
Ikan mas

4 Penjelasan Lengkap Ikan Mas Hias untuk Dipelihara

Berbicara tentang hewan memang tidak akan ada habisnya. Kita tahu bahwa hewan merupakan salah satu binatang yang hidup berdampingan dengan manusia. Banyak sekali jenis dan macamnya, ada yang berada di air, udara dan darat. Beberapa hewan berbahaya terdapat di semua sisi, misalnya seperti di air itu terdapat raja hewan yaitu Singa dan Ular berbisa. Sedangkan jika di air tawar, hewan yang berbahaya itu adalah Buaya. Untuk air laut, yang paling berbahaya adalah hiu dan ular laut. Sedangkan di udara ada burung elang yang memuncaki rantai makanan.

Hewan-hewan buas tersebut sangat sulit untuk dipelihara, bahkan diantaranya ada yang nekat untuk mempelihara hewan berbahaya seperti singa, buaya, ular dan bahkan paus pembunuh. Mereka memelihara di tempat khusus yang jauh dari jangkauan orang lain. Sebab, jika dipelihara berdekatan dengan pemukiman dan warga tentu akan membuat gaduh. Kegaduhan bisa terjadi karena suara, raungan dan lain sebagainya.

Memelihara hewan buas sebenarnya tidak dilarang, namun lebih baik anda memperhitungkan keselamatan. Karena sejinak-jinaknya hewan buas, mereka tetap memiliki naluri memangsa makhluk lain. Itulah mengapa banyak diantara orang yang memelihara hewan berbahaya tersebut, harus memiliki izin khusus.

artikel lengkap ikan bernama mas
artikel lengkap ikan bernama mas

Izin yang dikeluarkan oleh pihak berwenang tentu tidak sembarangan, misalnya untuk hewan air seperti paus atau hiu. Izinnya tentu untuk kegiatan sirkus ataupun lain sebagainya, sedangkan buaya izinnya sebagai penangkaran atau kebun binatang, jika memelihara singa sebaiknya juga memiliki izin, karena hewan ini termasuk jenis hewan dilindungi oleh dunia. Populasi singa semakin terancam dan banyak diantara kita tidak mengerti mengapa hewan ini sangat berbahaya.

Sebenarnya, artikel ini jauh pembahasaannya dan berbeda dengan judul. Saya hanya ingin menjelaskan secara detail dan lengkap saja sebelum ke topik utama dari artikel ini. Saya disini ingin sekali mengenalkan hewan kepada anda. Saya sudah membahas tentang kucing, ular, gajah, singa, katak, anjing, dan hewan-hewan air lain seperti gabus, paus, hiu, lele, koi, louhan dan lain sebagainya.

Artikel ini berbeda dengan artikel sebelumnya karena pada kesempatan ini saya membahas ikan dengan lengkap yaitu ikan mas. Sebelum kita membahas ikan mas sebaiknya kita melihat dulu bagaimana ciri-ciri hewan yang diberi nama mas.

Ciri-ciri Hewan Yang Diberi Nama Mas

Saat memelihara hewan air bernama mas, kita harus memahami dulu ciri-cirinya. Nah, pasti pada mengira kan kalau nama mas itu berasal dari warna sisiknya? 100 buat kamu yang menebak dengan benar, asal usul ikan mas memang berasal dari warna sisik tubuhnya yang bercorak seperti emas. Oleh karena itu, banyak yang menyebutnya sebagai ikan bewarna emas dan disingkat jadi mas.

Lalu bagaimana ciri-ciri ikan mas berikut ini:

Sisik Yang Berkilau

Sisik menjadi salah satu ciri khas ikan, ada juga yang tanpa sisik. Biasanya ikan tanpa sisik hidup di perairan berlumpur. Nah, berbeda dengan mas, ikan ini memiliki sisik yang berkilau dan memanjakan mata kita. Kelihatan indah dengan warna yang sedikit bercahaya jika kena sinar. Ikan ini menjadi peliharaan karena bentuknya yang unik, namun sayangnya hewan hias ini mudah mati.

Terdapat Kumis/Sungut Di Mulut

Rata-rata ikan seperti ini memang memiliki kumis atau sugut. Sungut ini berfungsi sebagai radar untuk bergerak atau mengamati mangsa dan pergerakan musuh. Di alam liat, sungut sangat berfungsi bagi si hewan mas ini. Oleh karena itu, jika sungut atau kumis mas hilang, maka dapat dipastikan hidupnya akan terancam.

Gerakan Yang Lincah

Nah, ciri lainnya adalah gerakan lincah. Ikan ini sepintas mirip koi, namun sangat berbeda dari postur dan bentuknya. Ikan koi memanjang sedangkan mas lebih besar dan gendut. Sepintas mata tidak ada perbedaan, namun jika diamati dari dekat, maka perbedaaanya sangat terlihat.

Bentuk Tubuh Yang Besar

Bentuk tubuh mas sangat besar dan bongsor. Di bagian perutnya seperti buncit, bukan karena kebanyakan makan, namun sudah menjadi ciri khas dari ikan ini.

Cara Budidaya Mas

Bewarna mas membuat hewan hias ini banyak dipelihara dan tentu membuat harga ikan mas juga cukup tinggi. Oleh karena itu banyak yang menjualnya dan menganggap sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. hal yang perlu diperhatikan saat awal budidaya adalah sebagai berikut ini:

  • Pastikan Kolamnya
  • Pemberian Pakan Yang Cukup
  • Umur ikan yang cukup
  • Pemijahan/pemisahan
  • Tumbuhan Air sebagai sarang anak ikan
  • Perawatan khusus

Itu adalah hal pertama yang harus dilakukan saat budidaya mas. Jadi, kamu harus memperhatikan beberapa hal diatas agar perkembangan mas menjadi bagus. Itulah beberapa hal yang sangat mudah untuk dilakukan agar memperoleh keuntungan dari bisnis budidaya ikan mas.

Langkah untuk melakukan Perawatan Ikan Mas

Secara logika, ikan akan hidup secara berkelompok dan memiliki koloni mas tersendiri seperti pada koi yang hampir sama habitatnya ikan-ikanan lain seperti ikan mas yang akan kita bahas secara lengkap terkait perawatannya dan lain sebagainya. Berikut beberapa cara merawat ikan mas:

Pemberian Pakan

Sebagai makhluk hidup, hewan juga perlu diberi makanan agar pertumbuhan dan perkembangannya semakin baik dari hari-kehari serta memiliki harga jual yang tinggi. Harga jual tinggi tergantung dari jenis pakan yang diberikan. Jadi jika ingin sukses memelihara hewan air yang satu ini sebaiknya ikan mas diberi pakan yang bagus.

Makanan yang tepat agar ikan cepat besar khususnya jenis mas ini sebaiknya diberikan yang alami. Pakan alami bisa berbentuk seperti pelet, kroto, daun pisang, cacing tanah dan sekam padi. Itulah beberapa makanan ikan mas yang cocok untuk anda coba dirumah.

Cara membuat pakan ikan mas

  • Membuat makanan dari kroto, sangat gampang untuk dilakukan karena tinggal menyebarkan kroto di kolam, atau kamu juga bisa mencampur dengan pelet.
  • Membuat Makanan Dari Cacing Tanah, membuat cacing tanah untuk makanan ikan sangat gampang, tidak ada trik khusus. Yang perlu kamu lakukan adalah menggiling cacing sampai rata lalu taburkan di kolam.
  • Sekam Pagi, sebaiknya jangan terlalu sering memberikan pakan sekam padi untuk ikan. Karena hal ini akan merusak pencernaan.
  • Membuat makanan ikan dari daun pisang, Daun pisang yang segar ternyata dapat dijadikan makanan bagi mas kesayangan anda dirumah. jangan lupa potong kecil-kecil sesuai dengan ukurannya ya.

Mas merupakan jenis ikan yang suka di manja loh

Nah, perawatan selanjutnya adalah memanjain ikan ini. Ya, cara memanjainnya adalah dengan menyeburkan kaki kita di kolam. Ikan akan merasa nyaman dan datang berkelompok mendekati kaki kita. Setelah ikan mendekat, kamu elus-elus mas tersebut sampai dia terlihat nyaman. Jika sudah jinak, maka harganya juga pasti mahal.

Jenis mas hias Yang Bagus Untuk Dipelihara

Banyak macam yang bisa kita coba untuk memelihara ikan ini. Dari jenis hias ataupun jenis untuk konsumsi. Kita ketahui bersama bahwa mas merupakan ikan yang dapat di makan dan di konsumsi oleh manusia. Sebagai informasi bagi anda semua, jenis ikan mas terbagi dari 2 kelompok yaitu sebagai berikut:

Ikan Mas Konsumsi

  • Punten (Bahasa Jawa)
  • Sinyonya (Besar kunig seperti emas)
  • Kancra Domas
  • Mas Kaca

Ikan Mas Hias

  • Fancy
  • Kumpay
  • Yamato
  • Merah
  • Koki

Bagaimana? apakah diantara ikan diatas pernah anda pelihara di rumah? Nah, semoga artikel ikan mas ini bermanfaat untuk anda semua ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *