IKAN KOI: Perawatan, Makanan, Budidaya (Panduan Lengkap)

ikan koi
ikan koi

Jika anda melihat ikan yang memiliki warna warni ditubuhnya dengan ukuran yang cukup besar dan berkelompok, bisa dipastikan bahwa itu adalah ikan koi. Karena warna yang ada ditubuhnya itu menjadi salah satu ciri khas ikan tersebut.

Bagi anda yang penasaran dengan ikan bernama jepang “nishikigoi” atau ikan koi bisa membacanya secara lengkap di pengak.com.¬†Saya akan membahas berbagai panduan lengkap ikan koi.

Perawatan Ikan Koi

merawat ikan koi
merawat ikan koi

Perawatan sangat penting dilakukan agar ikan koi tidak stres dan mudah mati. Perawatan yang baik dan benar pasti akan membuat ikan hidup lebih lama dan dapat tumbuh lebih besar lagi. Sebelum memelihara ikan koi, sebaiknya anda membaca penjelasannya dibawah ini.

cara merawat koi seperti berikut:

  1. Pastikan Ikan Koi Hidup Di Kolam: Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di kolam (Bukan Aquarium). Oleh karena itu, ikan akan bergerak bebas jika dipelihara di kolam.
  2. Merawat kebersihan kolam Ikan: Anda harus rutin memperhatikan kadar air jika ingin pelihara ikan koi, jangan sampai air tercemar dengan zat kimia berbahaya dan kualitas yang bagus. Sebaiknya, kolam ikan koi sebaiknya diganti 2 minggu sekali.
  3. Pemberian Pakan Secara Rutin: Ikan akan terlihat sehat dan bugar apabila diberikan pakan yang bagus. Anda harus mengatur pakan ikan koi sebagai salah satu cara untuk merawatnya agar tumbuh sehat dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Jika 3 cara merawat ikan koi diatas sudah kamu lakukan, maka sudah pasti ikan koi peliharaan anda akan sehat dan berkembang dengan baik karena perawatan ikan koi itu sebenarnya tidak terlalu sulit.

Makanan Ikan Koi

pakan ikan koi
pakan ikan koi

Jenis makanan ikan koi memiliki banyak ragam serta harus sesuai dengan kebutuhan gizi tumbuh kembang ikan. Gizi sangat penting bagi perkembangan ikan agar memeliki besar yang ideal dan bagus dipandang mata. Dibawah ini saya akan coba jelaskan jenis makanan koi yang bagus.

Jenis Pakan Koi Yang Bagus

Pakan utama ikan koi adalah cacing dan udang. Pakan ikan koi tersebut bisa kamu dapatkan di pasar ikan atau mencari sendiri. Selain cacing dan udang, jenis pakan yang disukai oleh ikan koi adalah sebagai berikut:

  • Pelet khusus Koi, baik yang mengapung ataupun tenggelam
  • Tumbuhan air
  • Semangka
  • Jenis Alga

Itu adalah pakan terbaik untuk ikan koi agar mendapatkan ikan yang memiliki yang tidak mudah mati. Pastikan juga setelah memberi makan, kolam harus tetap bersih ya.

Budidaya Ikan Koi

budidaya ikan koi
budidaya ikan koi

Hal penting yang kamu perhatikan sebelum melakukan budidaya koi secara lengkap akan saya bahas disini. ikan koi sangat mudah untuk dibudidaya, namun untuk mendapatkan anak koi yang bagus kamu harus memperhatikan cara budidaya ikan koi dari jenis indukan dan berikut adalah penjelasannya:

1. Memilih Indukan Ikan

Jika ingin berhasil budidaya ikan koi, maka anda juga harus memperhatikan indukan. Pastikan anda memilih indukan yang berkualitas dan sudah siap produksi. Berikut adalah ciri-ciri indukan koi yang siap untuk di budidaya:

  • Umur indukan sudah lebih dari 2 tahun
  • Tubuh ideal akan menghasilkan anak ikan koi yang berkualitas
  • Memiliki warna yang terang dan tidak pudar
  • Lincah dan agresif serta terlihat semangat
  • Jika berenang maka akan terlihat tenang dan bersahabat

2. Pemisahan Indukan Sebelum Budidaya

Lakukan pemisahan atau pemijahan induk ikan koi dengan baik dan benar serta letakkan di tempat khusus yang sudah disediakan. Sebaiknya, pisahkan induk dari kelompoknya, pastikan ikan juga dipisah dahulu sebelum digabung. Setelah 2-3 hari, maka gabung ikan koi jantan dan koi betina dan biarkan sampai 3 minggu kedepan. Hal ini sama seperti cara budidaya ikan lele yang pernah kita bahas.

3. Pemberian Rumput Untuk Tempat Telur Ikan

Rumput atau tumbuhan air lainnya sangat penting untuk membantu proses budidaya ikan koi. Hal ini tentu berfungsi untuk penempatan benih-benih/telur ikan koi. Pastikan juga telur-telur tersebut masih di dalam air, karena dalam waktu kurang lebih 38-48 jam kemudian ikan akan menetas. Setelah menetas, bersihkan rumput atau tumbuhan dari kolam. Anak ikan koi akan bertahan hidup sampai 3 hari tanpa makanan, karena tersedianya cadangan makanan setelah menetas. Jangan lupa juga melakukan pemisahan indukan dan anakan.

4. Pemberian Pakan Burayak Atau Anak Ikan Koi

Ikan yang baru lahir akan memiliki cadangan makanan selama 3 hari, setelah 3 hari kamu harus memberikan makanan yang bergizi agar tumbuh kembangnya selalu terjaga. Pakan anak koi biasanya adalah kuning telur yang sudah direbus dan diberikan secukupnya dengan jumlah anak ikan yang berada di kolam selama 1 s/d 2 minggu.

5. Pemisahan anakan Umur 2 minggu

Setelah 2 minggu, sebaiknya ikan di sortir sesuai dengan ukurannya. Disini kamu akan dapat melihat mana ikan yang berkualitas dan tidak. Hal ini penting dilakukan karena disini proses penting untuk mendapatkan nilai jual yang tinggi dipasaran.

Referensi:
alamtani.com/budidaya-ikan-koi/
id.wikipedia.org/wiki/koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *