IKAN HIU: Jenis, Habitat, Terbesar dan Purba [Gambar Lengkap]

ikan hiu
ikan hiu

Ikan hiu merupakan salah satu hewan laut yang paling ditakuti oleh semua manusia. Mengapa hiu ditakuti karena ikan ini merupakan salah satu hewan air yang paling buas dan disini kamu akan mengetahui semua tentang ikan bernama latin Selachimorpa.

Nama latin ikan hiu ini berdasarkan dari kelompok dan spesiesnya yang berasal dari ordo “Lamniformes“. Namun, disini saya tidak akan menggolongkan jenis dan spesiesnya, namun lebih spesifik mengenai Jenis, habitat, gambar, ukuran dan hiu purba seperti berikut ini:

JENIS IKAN HIU

Untuk jenis ini, Ikan hiu tergolong memiliki banyak macamnya. Bahkan ada yang buas ataupun hanya memakan ikan-ikan kecil saja. Saya akan mencoba mendefinisikan segala macam jenis dari ikan hiu sebagai berikut:

1. Ikan Hiu Martil

Ikan ini tergolong predator yang sangat lincah saat berburu. Makanan utama hiu martil adalah Cumi, Sotong, udang, Ikan Kecil dan Ikan Pari. Bentuk kepala hiu ini menyerupai martil (Sayap)sehingga banyak yang menyebutnya sebagai hiu martil atau Winghead Shark.

Hiu ini memiliki kemampuan untuk mencium mangsanya dari kejauhan. Menurut wikipedia, hiu ini mampu memancarkan radar sejauh 10km dan ini merupakan salah satu kelebihan hiu martil dibandingkan hiu lainnya ataupun ikan paus.

Untuk jenis hiu martil yang berbahaya bagi manusia sebagai berikut ini:

  • Scalloped Shark (Hiu Martil Bergigi), Hampir sama seperti hiu putih
  • Smooth Hammerhead Shark ( Hiu Martil Caping), Giginya tajam dan Bentuknya agak aneh
  • Hiu Martil Carolina
  • Bonnethead
  • Scoophead

Gambar sesuai urutan:

Diatas itu merupakan hiu martil yang sangat berbahaya untuk manusia, jadi jika anda menemui ikan jenis ini di laut, maka segeralah menghindar.

2. Ikan Hiu Monyet

Bernama lain thresher shark membuat hiu ini dikenal sangat agresif, sedangkan makanan utamanya adalah ikan kecil, udang, cumi dan kadang kadang anjing laut. Jenis ikan hiu monyet ini memiliki ciri yang gampang untuk ditandai, seperti ekor sirip yang atasnya panjang.

3. Ikan Hiu Putih

Nah, ikan ini merupakan jenis yang paling berbahaya dan dapat membahayakan nyawa manusia. Terkadang, hiu putih muncul di pinggir pantai karena sumber makanannya yang terus berkurang. Hiu putih memiliki nama ilmiah Carcharodon Carcharias. Hiu Putih merupakan salah satu hiu terbesar yang menempati puncak rantai makanan di laut.

4. Ikan Hiu Penjemur

Ikan ini disebut juga hiu paus karena ukurannya yang menyerupai ikan paus. Ukurannya yang raksasa membuat hiu ini dikenal cukup berbahaya. Makanan utama hiu penjemur adalah ikan kecil dan sotong. Mulutnya akan terbuka lebar saat memangsa makanannya. Untuk habitannya juga hampir sama seperti habitat ikan paus yang berada di samudra air hangat di tengah lautan.

5. Tiger Shark

Hiu ini hampir mirip dengan hiu putih, namun ukurannya agak kecil dan tidak terlalu besar seperti saudaranya. Hiu ini juga memiliki kecepatan yang luar biasa dan dapat memangsa apapun yang berada di depannya dengan gigi yang sangat tajam.

6. Hiu Bluntnose

Hiu ini dijuluki juga dengan hiu sapi. Jenis hiu ini sangat unik, hidup di perairan dalam dan bebatuan. Ikan Hiu ini tidak berbahaya bagi manusia, sehingga jarang ada korban yang dimakan hiu bluntnose ini.

HABITAT IKAN HIU

Sebelumnya saya sudah membahas tentang Habitat Ikan Paus disini “Paus“, nah pada kesempatan ini saya juga ingin membahas habitat ikan paus yang tidak jauh berbeda dengan ikan paus. Perbedaan ikan hiu dan paus memang tidak terlalu banyak dan ini terlihat dari habitatnya. habitat Ikan hiu adalah berada di laut dalam dan jarang ke pinggir pantai jika tidak terdampar.

Habitat hiu beberapa dekade ini terancam akibat ulah manusia yang mulai memburunya. Sirip ikan hiu merupakan salah satu incaran para nelayan untuk menfaat kesehatan. Harga jual sirip hiu sampai ratusan juta. Oleh karena itu, seluruh dunia mengecam aksi ini dan mulai melindungi habitat ikan hiu dari nelayan jahat.

IKAN HIU TERBESAR SEPANJANG SEJARAH DUNIA

Hiu paling besar yang pernah ditemukan dilaut adalah berjenis hiu putih atau biasanya disebut sebagai Ikan Hiu Megalodon. Hiu ini diperkirakan sudah punah beberapa abad yang lalu, namun tidak menutup kemungkinan di laut yang luas masih terdapat hiu megalodon yang masih hidup. Hiu ini diperkirakan memiliki bobot hingga 1 ton bahkan ada yang menyebut bahwa ikan ini berukuran kapal persiar. Bisa dibayangkan sebesar apa ikan ini?

Ikan buas megalodon termasuk dalam ikan laut purba yang namanya masih sering di dengar sampai saat ini. Hewan laut ini diperkirakan hidup 1000 tahun yang lalu.

IKAN HIU PURBA

Ikan purba adalah ikan yang sudah punah dan tidak ada lagi di dunia ini dan berikut adalah ikan hiu purba yang harus kamu ketahui:

– Helicoprion

Ikan ini sangat unik, mulut bagian bawahnya yang melengkung keatas membuat ikan ini tidak terlihat ganas. Diperkirakan ikan purba ini hidup 2000 tahun yang lalu. Namun, ada yang menyebutnya udah punah dan ada juga yang mengaku pernah melihatnya.

– Stethacanthus

Ikan Hiu Ini seperi memiliki radar di atas punggungnya. Lebih tepatnya seperti kapal selam. Uniknya ikan ini sudah tidak pernah ditemukan lagi, Ikan hiu unik ini juga merupakan ikan langka yang banyak dicari oleh orang karena bentuknya yang unik.

– Edestus

Hiu Lumba-lumba, bentuknya yang mirip lumba-lumba namun sifatnya lebih seperti hiu membuat hewan buas dari lautan dalam ini menjadi salah satu ikan purba yang paling dikagumi. Hewan ini cukup unik, bentuk mulut yang pipih serta memiliki gigi runcing membuat ikan sulit untuk memangsa hewan besar lainnya.

Nah, itulah beberapa kumpulan ikan hiu yang berhasil pengak.com berikan, semoga pembahasan tentang habitat, jenis, terbesar dan ikan purba tersebut dapat bermanfaat menambah pengetahuan anda.

 

Recent search terms:

  • jenis ikan hiu purba
  • bagian atasnya ikan hiu
  • ikan yang diperkirakan paling besar
  • jenis ikan hiu paus beserta nama ilmiahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *