Ikan Cupang: Budidaya, Gambar, Makanan, Perawatan dan Jenis

gambar ikan cupang cantik
gambar ikan cupang cantik

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang cukup banyak penggemarnya, bahkan di sebagian negara ikan ini dikategorikan sebagai hewan paling mahal di dunia. Harga ikan bernama latin Betta Channoides ini bisa dibandrol sampai ratusan juta rupiah.

Habitat spesies ikan ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti negara berikut ini: Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, Filipina, Brunai, Singapura dan Indonesia. ciri-ciri ikan cupang hias sangat gampang diketahui, yaitu seperti ekor dan sirip yang lebar, warna cerah serta mudah emosi.

Di artikel kali ini, saya akan membahas secara lengkap mengenai hewan air yang cukup digemari oleh pecinta ikan hias di seluruh dunia, baik cara budidaya, gambar-gambar, makanan yang cocok untuk cupang, perawatan dan jenis cupang.

Budidaya Ikan Cupang

budidaya ikan cupang
budidaya mudah ikan cupang

Proses budidaya ternyata cukup rumit, mulai dari membedakan kelamin ikan cupang, tempat pemijahan, penyatuan jantan-betina dan lain sebagainya. Nah, sebelum kita bahas lebih dalam, berikut adalah cara membedakan ikan cupang jantan dan betina:

Cupang Jantan

  • Bentuk tubuh yang lebih kecil
  • Lebih lincah daripada betina, sering beraktivitas
  • Memiliki sirip dan Ekor yang menyatu identik panjang
  • Warna yang sangat cerah dan cenderung memikat

Cupang Betina

  • Bentuk tubuh yang agak bulat/gemuk
  • Biasanya warna pudar atau tidak cerah
  • Ekor dan sirip yang kecil
  • Ada bintik di bagian bawah dekat perut
jantan dan betina
jantan dan betina

Tips agar mudah membedakan ikan cupang
Pastikan kamu sudah memiliki ciri-ciri diatas, pastikan juga ikan sehat dan tidak stres. Ikan harus di tempatnya masing-masing. Lalu, perhatikan secara teliti.

Selanjutnya adalah pemijahan, yang perlu kamu lakukan untuk melakukan budidaya adalah proses pemijahan. Nah, bagaimana proses itu bisa kamu lakukan? mungkin ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin ternak ikan cupang dan berikut penjelasannya:

1. Proses Pemisahan Indukan Jantan dan Betina

Jika sudah memastikan mana jantan dan betina pada ikan cupang hias, maka kamu harus segera menyatukan ikan tersebut di dalam 1 tempat. Jangan lupa juga kamu harus memastikan ikan sehat dan sudah cukup umur ya.

2. Isi Akuarium Dengan Rumput atau Burayak

Nah, proses sebelum menyatukan ikan cupang adalah mengisi akuarium dengan rerumputan atau burayak. Proses ini juga penting untuk peletakan telur jika sudah berhasil dibuahi jika disatukan.

3. Proses penyatuan Ikan

Sebelum benar-benar disatukan, kamu pastikan dulu dengan menggandengkan gelas/akuarium (ketika belum di satukan), tunggu ikan menunjukkan ketertarikan. Kemudian, jika sudah terlihat ketertarikan, maka masukkan ikan cupang betina terlebih dahulu, lalu sekitar 5 menit kemudian masukkan cupang jantan. Proses ini biasanya memakan waktu 24 jam. Tunggu sampai ikan benar-benar berhasil membuahi.

4. Pemisahan Induk

Setelah memastikan ikan sudah berhasil kawin, maka secepatnya harus memisahkan indukan. Pisahkan indukan jantan dan betina, lalu biarkan telur berkembang biak sampai menetas.

Nah, itulah proses budidaya cupang yang cukup bagus, mungkin hampir sama dengan budidaya ikan lele, eh tapi beda jauh ya.. hehe..

Gambar Ikan Cupang Hias

Disini saya akan mengumpulkan semua gambar dan foto ikan cupang yang berhasil diabadikan oleh beberapa fotografer dan mungkin juga bermanfaat bagi anda semua untuk mencari referensi lain untuk buku, cerita ataupun tesis anda dan berikut adalah gambar cupang yang paling populer:

gambar ikan cupang paling cantik
gambar keren ikan cupang paling cantik
GAMBAR IKAN CUPANG MAHAL
GAMBAR Untuk IKAN CUPANG MAHAL
gambar ikan cupang doubletail
foto ikan cupang doubletail
gambar ikan cupang cantik
Gambar dan Foto ikan cupang cantik
crowntail cupang
crowntail cupang
halfmoon betta cupang
halfmoon betta cupang
ikan cupang doubletail
ikan cupang doubletail
ikan cupang halfmoon
ikan cupang halfmoon
ikan cupang plakat
ikan cupang plakat
ikan cupang warna merah
ikan cupang warna merah
plakat betta
plakat betta
rosetail cupang
rosetail cupang

 

Makanan Ikan Cupang

Proses budidaya juga harus memerlukan makanan yang bagus, pastikan anda menemukan makanan yang tepat agar ikan cupang tampak sehat dan lincah. Makanan untuk ikan cupang adalah sebagai berikut ini:

1. Cupang suka Makan Jentik Nyamuk

Ikan kecil nan mungil ini ternyata suka banget dengan jentik-jentik nyamuk loh, kamu bisa mencarinya di tempat-tempat nyamuk bertelur, bisa di selokan atau got dekat rumah, lalu masukkan jentik-jentik tersebut ditempat khusus, lalu tunggu sampai bersih dan berikan pada ikan cupang.

2. Makanan cupang itu adalah cacing sutra

Ikan itu suka sekali dengan cacing, nah tak heran juga kalau cupang juga menyukai cacing, namun jenis cacingnya berbeda. Cobalah berikan makanan cupang seperti cacing sutera yang halus ini. Pasti warna pada ikan akan tambah bagus.

3. Kuning Telur

Ikan cupang suka dengan kuning telur, itu bisa anda buktikan sendiri dirumah. Proses pemberiannya juga cukup mudah, tinggal beli telur dipasar lalu pisahkan putih dan kuningnya, lalu ambil sedotan atau pipet lalu tempelkan pada telur, setelah itu, masukkan ke dalam akuarium. Pemberiannya tidak boleh lebih dari cukup ya. bisa bisa ikan cupang mabuk nanti.

Nah, itu adalah makanan yang cocok untuk ikan cupang. Selebihnya, kamu bisa menggunakan pelet atau pakan ikan cupang khusus agar pertumbuhannya semakin bagus.

Cara Merawat Ikan Cupang

Untuk perawatan, anda juga harus melakukan hal ekstra agar ikan tetap lincah dan agresif. Misalnya adalah membersihkan secara rutin air, akuarium ikan cupang dan lain sebagainya. Perawatan lain adalah penjemuran, ikan cupang sangat senang bila dijemur dibawah terik panas matahari. Namun ingat, jangan lama-lama ya.. ntar ke rebus tuh ikan. Perawatan lainnya adalah pemberian pakan, oksigen dan lain sebagainya.

Tips Perawatan ikan cupang
Pastikan ikan sehat dengan memberikan makan secara teratur, pastikan ikan tidak stres, jangan diadu atau dilihatkan dengan lawannya, perhatikan ekor dan sirip yang rusak agar segera diperbaiki, cara memperbaikinya cukup dengan memotongnya dengan gunting.

Jenis Ikan Cupang Di Dunia

Beberapa diantara kita pasti heran, kok ada ya ikan cupang yang warnanya jelek atau dengan corak yang norak serta bentuknya yang agak aneh. Berikut ini untuk mengetahui jenis jenis cupang yang ada di berbagai belahan dunia dengan keindahannya masing-masing dan berikut penjelasannya:

1. Cupang Petarung

Ikan laga istilahnya, jadi ikan ini bisa dilaga begitu loh. Jadi lebih jelasnya ikan jenis ini memiliki daya tarung yang tinggi dan sangat marah apabila ada jenis ikan lain yang memasuki kawasannya.

2. Ikan Cupang Plakat

Ikan bernama plakat ini sebenarnya berasa dari negara seberang nan jauh disana, yaitu thailand. Warna yang unik serta kelincahan yang cukup bagus membuat ikan ini terkenal di indonesia. Harganya juga bervariasi.

3. Jenis Cupang Halfmoon

Dinamakan halfmoon karena bentuk ekor dan sirip hampir menyatu seperti bulan yang muncul setengah. Beberapa orang mengklaim bahwa ikan cupang halfmoon merupakan hasil silang ikan amerika dan thailand. Tapi, siapa yang tahu. Yang jelas, ikan ini sekarang terkenal dan mahal harganya.

4. Cupang Serit

Cupang yang memiliki sirip dan ekor lancip ini juga menjadi primadona bagi pecinta cupang di seluruh dunia. Mengapa tidak? Ikan ini memiliki daya tarik tersendiri loh jika di adu dengan ikan lain. Tarian ikan cupang yang mempesona membuat ikan ini memiliki harga yang cukup mahal.

5. Ikan Cupang Cagak

Istilahnya adalah cupang Double Tail atau ekor yang terpisah. Sebenarnya hampir mirip dengan jenis halfmoon, namun sangat berbeda dari segi warna dan ukuran. Ikan ini juga memiliki keindahan lain jika sudah mulai bermain di air.

6. Cupang Raksasa

Wow, namanya cupang raksasa.. Siapa yang tahu? Ikan ini ternyata ikan paling besar di spesies betta, ternyata ikan cupang ini paling besar di kelasnya. Nama lainnya adalah Betta Giant.

Nah, mungkin itu sudah cukup ya. Jenis ikan ini memang cukup banyak. Didunia sekitar ada 50an spesies, namun yang saya sebutkan diatas merupakan spesies yang cukup terkenal dengan harga yang mahal. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

 

Recent search terms:

  • cara budidaya ikan cupang dan cara merawat serta penjelasannya
  • cara merawat telur cupang
  • ikan cupang paling cantik
  • pakan cupang sirip lebar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *