Pecinta Burung Kenari Kian Bertambah, Ini Cara Perawatan, Ternak Dan Makanannya

burung kenari

Burung kenari – pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menjelaskan bagaimana cara merawat kenari yang benar dan tentu dapat membuat burung memiliki bunyi yang bagus. Saat ini burung kenari merupakan burung yang paling digemari di Indonesia. Mengapa tidak? Burung yang memiliki ciri identik bewarna kuning keemasan ini memiliki suara yang bagus, selain suara, burung tersebut juga dapat di masterin. Saya akan ulas semua disini seperti cara ternak, perawatan, makanan, membedakan jantan dan betina, pengisian suaran dan lain sebagainya.

Sebelum saya ulas lebih dalam, bagi kamu yang ingin mengatahui asal usul kenari mungkin ini dapat membantu bagi anda yang ingin menambah wawasan anda sendiri.

Sejarah Burung Kenari

Seperti yang dilangsir blogspot.com, kenari merupakan salah satu burung yang hidupnya dihutan bebas dan terdapat di daerah pinggiran atlantik seperti perbatasan afrika, spanyol dan moroco. Awalnya ada satu pulau bernama canaria, karena di pulau tersebut banyak sekali burung yang mirip glatik kalau di indonesia ini, maka oleh sebab burung tersebut akhirnya diberikan sebutan canaria atau jika di indonesia kenari.

Burung yang makan biji-bijian tersebut dibawa oleh para pedagang di indonesia untuk diperjual belikan atau sekedar mengganti bahan pokok lainnya. Karena warna dan suaranya yang unik, banyak yang menginginkannya (mungkin di indonesia belum ada kali ya).

Itu mungkin sejarah singkat mengapa burung kenari ada di indonesia, sedangkan jika dipikir-pikir penyebarannya jarang sekali asia. Dan sampai saat ini, kenari merupakan burung favorit untuk dipelihara oleh seluruh pecinta kicau mania. Semoga sejarah kenari ini dapat menambah wawasan kamu.

Perawatan, Cara Ternak, Makanan & Membedakan jantan betina

Untuk informasi lainnya berikut yang dapat membantu anda dalam menemukan hal unik lain yang ada di burung bernama kenari ini dan saya berikut adalah daftar isinya:

  1. Perawatan Burung Kenari Yang Baik Dan Benar
  2. Cara Ternak Kenari Agar Menghasilkan anakan yang super bagus
  3. Makanan burung kenari agar mudah berkicau/berbunyi
  4. Cara mudah membedakan jantan betina burung kenari

Didalam daftar isi tersebut, kamu akan dijelaskan secara singkat bagaimana burung ini dapat dijadikan peliharaan yang cukup menyenangkan. Selain itu, jika kamu telaten atau rajin maka kenari akan semakin mahal harganya. Berikut adalah beberapa informasi mengenai burung kenari yang perlu kamu ketahui;

1. Perawatan Kenari Yang Benar

Untuk memperoleh burung yang bagus maka kamu juga harus memberikan perawatan yang super. Artinya begini, perhatian yang lebih terhadap kenari akan membuat burung merasa nyaman dan ingin berkicau, kira-kira seperti itulah. Apa saja perawatan yang baik dan benar untuk burung kenari? Berikut ini detailnya.

gambar cara merawat kenari
gambar cara merawat kenari
  • Memberikan makanan yang cukup dan sesuai dengan porsinya, tidak lebih dan tidak kurang. Hal ini dapat membantu kenari menambah asupan gizi dan protein. Jika secara rutin dilakukan, maka burung akan terus berkicau tanpa henti.
  • Jemur burung dibawah terik matahari pagi sekitar 20-45 menit. Jika dilakukan tiap pagi, maka bulunya semakin bagus. Hal ini juga dilakukan agar mengurangi kelembaban di tubuh burung kenari.
  • Mengajari berbunyi dengan suara mp3 atau burung lain. Ternyata beberapa dari yang sudah terjadi, untuk membuat kenari berkicau, maka kita harus memiliki paling tidak burung kicau lain, seperti blackstroat, cucak ijo, pleci, sirtu dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar kenari memiliki respon terhadap burung lainnya dan meniru suara burung-burung tersebut. Bagaimana jika tidak memiliki burung kicau lain? Nah, solusi yang paling mudah dilakukan adalah dengan menempelkan suara burung lain menggunakan MP3 atau handphone kita yag memiliki musik. Isilah handphone tersebut dengan suara dari burung lain, lakukan hal ini pada malam hari dengan volume yang tipis, dan pagi hari setelah penjemuran.
  • Pembersihan kandang juga amat penting untuk kenyamanan burung. Membersihkan kandang burung kenari juga sangat penting. Hal ini dilakukan agar burung merasa nyaman dan bersih. Sebaiknya lakukan pada pagi hari selama 2 hari.
  • Penyemprotan atau memandikan burung juga dilakukan sekitar 2 hari sekali. Hal ini menjaga tubuh burung terkena bakteri seperti kaki kenari berkerak atau biasanya disebut jamur kaki kenari. Nah, jika sudah begini maka kita harus melakukan perawatan burung kenari secara ekstra karena menghilangkan jamur pada burung kenari agak sulit dilakukan.

Nah itulah informasi tentang cara merawat burung kenari yang baik dan benar. Usahakan kamu tetap konsisten sampai burung berkicau sempurna. semoga saja hal ini dapat bermanfaat bagi anda.

Bersambung…

Recent search terms:

  • Cara membuat kenari berkicau tanpa henti
  • harga burung kenari dan pakanannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *