Punya Anak Kucing di Rumah? Nih Informasi Yang Harus Kamu Ketahui

anak kucing
cara merawat anak kucing

Anak kucing ternyata sangat lucu jika kita pelihara loh. Tingkah laku yang menggemaskan serta suaranya yang merdu membuat kita ingin bermain bersama anak kucing lucu tersebut.

Berikut ini saya berikan informasi yang bermanfaat untuk kalian jika memiliki atau memelihara anakan kucing di Rumah. Tentu ada banyak hal yang harus kamu ketahui agar kucing tersebut tidak mati. Cara merawat anak kucing yang baru lahir tentu memerlukan perlakuan ekstra, seperti makanan, susu dan sebagainya.

Jenis anak kucing baru lahir juga beraneka ragam dan cara perawatannya juga berbeda-beda. Seperti anak kucing persia, anggora, himalaya dan lain-lain. Yang perlu kamu ketahui lainnya adalah bagaimana membedakan kucing anakan dari ras/jenis tertentu. Jangan sampai kamu memiliki kucing persilangan dengan harga yang lebih mahal. Biasanya harga anak kucing yang sudah di mix, dibandrol dengan harga di bawah 1 juta.

Perawatan Anakan Kucing

merawat anak kucing
merawat anak kucing

Melakukan perawatan secara rutin kepada anak kucing juga berdampak pada kebiasaan dan tingkah laku. Jika kucing dilatih, maka kucing akan pintar dan penurut. Untuk melatih anak kucing sebenarnya tidak terlalu susah, cukup melakukan kebiasaan yang baik seperti tidak buang kotor sembarangan, tidak suka mencuri makanan, tidak di izinkan keluar rumah dan lain sebagainya.

Merawat anak kucing hanya perlu waktu yang cukup banyak. Hal itu akan berpengaruh pada perhatian kucing kepada pemiliknya. Perawatan yang baik, dapat membuat kucing lebih baik dan tentu gemesin. Jangan lupa diajak main-main agar kucing tidak mudah bosan.

Makanan Anak Kucing

makanan untuk anak kucing
makanan untuk anak kucing

Makanan ternyata cukup penting ketika kucing berumur dibawah 2 bulan. Hal ini berpengaruh pada tumbuh kembang hewan kesayangan kita. Selain dari makanannya, kamu juga harus memperhatikan jenis kucing sebelum memberikannya makanan. Sebab, tidak semua jenis makanan kucing itu sama.

Jika kamu memelihara anak kucing anggora, maka kamu harus mempersiapkan makanan sesuai dengan jenis atau rasnya. Tapi, jika kamu paksa makan-makanan yang apa adanya, maka hal ini berdampak pada kesehatan anak kucing yang tidak stabil. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan makanan anak kucing yang bagus dan tentu terbaik.

Memberikan Susu pada kucing

susu untuk kucing
susu untuk kucing

Mengapa hal ini penting dilakukan? Karena kita ketahui bersama bahwa kucing itu merupakan hewan menyusui. Oleh karena itu, kita harus paham susu kucing yang bagus bagi perkembangan tubuh anak kucing tersebut.

Memberikan susu untuk anak kucing bisa dilakukan secara berkala atau 1 hari sekali. Hal ini untuk menjaga perut kucing agar tetap lancar pencernaannya. Susu anak kucing tanpa induk bisa kamu coba dengan berikut ini:

  1. Growssy untuk kucing persia
  2. SGM (Susu Anak Manusia)
  3. Max Kitt Milk
  4. Pet Own Milk
  5. Pro-Lac
  6. Beaphar Kitty Milk

Memandikan Kucing Anakan

anak kucing mandi
anak kucing mandi

Hal yang harus kamu perhatikan lainnya adalah cara memandikan anak kucing. Sebisa mungkin jika kamu baru memiliki kucing anakan, maka kamu juga harus tahu bagaimana cara untuk memandikannya. Jangan sampai salah, karena jika salah akan menyebabkan kucing mati karena kedinginan.

Anak kucing yang lucu bisa kita mandikan di ember yang besar dengan air yang tidak melebih dari kakinya, atau bisa dibilang hanya setengah dari kakinya. Jika lebih dari kaki, maka bisa menyebabkan kucing ketakutan dan males untuk mandi. Malah bisa jadi anak kucing menangis dan lari.

Nah, itulah informasi yang harus kamu tahu jika merawat anak kucing lucu dirumah. Jangan sampai salah, jika kucing sudah besar. Maka, kucing dipastikan sangat jinak dan bisa setia kepada tuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *