6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Merawat Kucing

cara merawat kucing yang lucu dan gemesin
cara merawat kucing yang lucu dan gemesin

Kucing merupakan hewan lucu yang paling banyak dipelihara oleh manusia di seluruh dunia. Riset membuktikan bahwa jikalau kita memelihara kucing dirumah, maka tingkat stres akan berkurang.

Tentu dengan semakin banyaknya orang yang memelihara kucing, maka harus tahu juga bagaimana perawatan kucing yang baik dan benar. Kalau dirawat secara asal-asalan, kucing akan terlihat kotor dan kurus. Berikut ini adalah 6 cara merawat kucing yang harus diperhatikan:

1. Pemberian pakan/makanan

Jenis kucing yang sehat terletak dari bobot tubuh dan kegesitannya dalam bergerak. Sadar atau tidak, faktor makanan ternyata menjadi hal paling penting ketika kita sedang memelihara sebuah kucing dirumah. Untuk itu, kamu harus memperhatikan makanan yang diberikan kepada kucing kesayangan kita ya.

Faktor pendukung lain untuk tumbuh kembang kucing seperti berikut ini

– Makanan Khusus Kucing

Untuk perkembangan yang oke pada tubuh kucing, kamu juga harus memberikannya makanan yang tepat. Misalnya saja seperti whiskas, frieskies dan beberapa merk makanan kucing lainnya yang memang dikhususkan untuk bintang berkaki empat ini. Jadi sebaiknya, kamu harus memberikan makanan yang tepat untuk membantu perkembangan kucing dan meningkatkan kecerdasannya.

– Waktu Makan

Memberikan makan pada kucing juga ada waktunya loh. Kamu tidak boleh terlalu banyak atau sedikit ketika memberikan makan si kucing. Misalnya, kamu hanya memberikan 1 hari 1 kali makanan, maka kucing akan stres dan kebingungan. Sebaiknya, waktu makan kucing diatur seperti pagi dan sore. Itupun harus sesuai takaran yang berlaku. Hal ini berfungsi agar kucing tetap mendapatkan vitamin dan nutrisi yang baik.

2. Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing

Kebiasaan buruk kucing adalah bulunya yang sering rontok. Untuk merawat kucing yang bulunya sering rontok sebenarnya gampang-gampang mudah. Ada beberapa faktor yang membuat bulu kucing mudah rontok, yaitu karena stres, sering bermain diluar, kutu dan faktor lainnya. Namun, faktor bulu kucing rontok kebanyakan karena:

– Salah Makan

Jika asal-asalan memberikan makan, maka tak heran kalau bulu pada kucing kesayangan kita sering rontok. Berikan makanan yang sesuai dengan umur dan tingkat perkembangan si kucing. Hal ini harus diperhatikan sebaik mungkin agar bulu kucing tidak rontok dan mudah lepas.

– Jarang di mandikan

Manusia saja kalau tidak mandi pasti gatal, apalagi kucing yang bulunya lebat. Jadi, untuk memperoleh kucing yang lucu dan gemesin, kamu harus rajin memandikan kucing kamu agar kucing tidak memiliki bulu rontok. Minimal untuk memandikan kucing adalah 2 hari sekali.

– Berantem dengan kucing lain

Perkelahian kucing memang tidak bisa kita hindarkan. Apalagi kalau kita bebaskan di luar, maka kucing akan menyita perhatian kucing lainnya. Hal ini akan membuat perkelahian kucing yang tak bisa kita lerai. Lari kesana kemari membuat bulu kucing cepat rontok, itulah mengapa kita harus menjaga kucing agar selalu di dalam rumah.

3. Kebersihan Kandang

Untuk melakukan perawatan kucing, sebaiknya kita harus rajin membersihkan kandangnya. Minimal 1 hari sekali deh, agar kutu-kutu di kandang juga hilang. Jika tidak dibersihkan, maka semua akan membuat kucing mudah sakit dan kotor. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

– Ukuran Kandang

Untuk kucing yang gesit dan lincah, kamu harus membuat atau membeli kandang dengan ukuran yang cukup besar. Kamu juga harus pandai mengatur ukurannya agar kucing mudah dirawat.

– Waktu Pembersihan Kandang

Agar kucing tidak mudah stres, maka kamu juga mengatur waktu untuk melakukan perawatan kandang kucing, misalnya saja pada pagi hari atau sore hari. Usahakan, dilakukan 1 hari sekali.

4. Rajin Memandikan Kucing Agar Terawat

Sebenarnya sudah saya bahas diatas tadi tentang memandikan kucing ini dan coba kamu cari disitus pengak lainnya. Namun, akan saya bahas lebih detail disini deh, agar kamu lebih paham.

Cara merawat kucing dengan rajin memandikannya juga ternyata bagus loh. Ya, meskipun kucing itu takut-takut tapi yang penting kebersihannya terjaga. Perawatan ini juga harus dilakukan paling tidak seminggu sekali. Kamu bisa memandikannya sendiri atau datang ke petshop dengan membayar sekitar kurang lebih Rp 30rb sampai Rp 100rb, tergantung dari shampo yang dipakai.

Jika kamu memandikannya dirumah, maka kamu bisa menggunakan shampo biasa yang sering manusia gunakan. Tapi perlu diingat, lebih baik menggunakan shampo khusus kucing agar bulunya tidak rontok. Kan, sia-sia juga udah melakukan perawatan eh malah bulu kucing rontok.

5. Rutin Membawa Kucing Ke Dokter Hewan

Sekedar melakukan perawatan rutin saja agar terhindar dari penyakit hewan yang berbahaya seperti rabies dan cacingan. Maka, kamu diwajibkan membawa kucing ke dokter minimal sebulan sekali. Tentu dengan harapan kucing tetap sehat dan kita juga tahu apa saja penyakit kucing yang kita rawat tersebut. Fungsi lain membawa ke dokter hewan adalah untuk:

– Vaksin

Pemberian vaksin pada kucing ternyata bagus untuk kita juga loh sebagai tuannya. Hal ini karena vaksin mampu menolak berbagai virus yang tertular oleh hewan lain ataupun mainannya seperti tikus, tapi ya kalau bisa sih, jangan sampai main sama tikus ya, geli juga. hehe..

– Kucing diberikan vitamin

Enaknya membawa binatang ke dokter hewan adalah kita mendapatkan vitamin yang berguna bagi si hewan peliharaan tersebut. Kita bisa konsultasi dengan dokter tentang vitamin yang bagus untuk kucing yang kita. Melakukan perawatan pada kucing juga harus mengeluarkan modal lah.

6. Merawat kucing sakit dengan mudah & murah

biasanya kucing itu kalau sakit dia males ngapa-ngapain. Dia lebih banyak berdiam diri atau murung didalam kandangnya. Makanpun tak selera. Apabila sudah begini, maka kamu harus mengeluarkannya dari kandang dan membiarkan dia melakukan aktivitasnya, tapi kamu juga harus menaruh makan di luar kandangnya ya. Hal ini dapat membantu kesehatan kucing agar cepat sembuh. Jika sudah penasaran dan mencari makan, maka itu tandanya kucing udah mau sehat, tapi jika tidak menunjukkan perubahan, maka sebaiknya bawa kedokter untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tulisan diatas juga berlaku untuk merawat kucing seperti anggora, persia, sphinx dan kucing kampung. Nah, mungkin sampai disini saja dulu trik ini. Lain waktu akan ditambah, jangan lupa tinggalkan komentar ya. Akan dibalas satu persatu.

 

Recent search terms:

  • hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara kucing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *